Post


Toko Online atau Marketplace ?

26 Sep 2019

Bisnis Ecommerce adalah bisnis yang sedang berkembang di Indonesia. Indonesia memiliki populasi yang besar, dan pengguna internet masih bertumbuh ke arah yang positif. Pada tahun 2019, total pengguna Internet aktif adalah sekitar 170 Juta. Ini adalah sekitar 65% dari total populasi. Masih besar potensi pertumbuhan untuk tahun-tahun mendatang.
Apalagi untuk mengakses Internet sekarang lebih mudah dan lebih murah, penyedia layanan internet sudah dapat menembus sebagian besar wilayah di Indonesia.

Pertumbuhan ECommerce

Ada banyak manfaat menjual produk secara online. Bisnis online dapat menjangkau lebih banyak pelanggan daripada toko konvensional, menjual setiap saat sepanjang hari, dan tanpa harus membangun etalase fisik.
Dalam beberapa tahun terakhir pasar ecommerce dan toko online cenderung semakin meningkat. Sebagian besar perusahaan ritel mulai membangun toko online sendiri, dan langsung menjual kepada pelanggan untuk memangkas biaya perantara dan meningkatkan volume penjualan.

Di lain sisi toko offline mengalami penuruan penjualan, karena biaya operasional yang tinggi (terutama sewa), dan karena pelanggan cenderung mencari produk yang lebih murah melalui online.

Penjualan online umumnya saat ini dapat dilakukan melalui Online Marketplace dan Platform Toko Online.

Marketplace

Para pemain utama E-Commerce Marketplace saat ini di Indonesia diantaranya Tokopedia.com, Bukalapak.com, Blibli.com, JD.id, Lazada.co.id, Shopee.co.id, Bhinneka.com, dan Zalora.

Platform Toko Online

Situs web ecommerce independen. Toko Online adalah platform, sistem, di mana siapa pun dapat menjual produk atau layanan online untuk menjangkau khalayak luas secara nasional atau bahkan seluruh dunia. Toko Online memangkas biaya sewa, gaji, operasional, dan saluran ritel.

Platform Toko Online dibagi menjadi:
• Toko Online dengan CMS Open Source (Prestashop, Woocommerce, Magento, Opencart)
• Toko Online Full Custom (Sistem di bangun dari nol sesuai kebutuhan flow bisnis)
• Toko Online Berlangganan (SAAS), seperti Tokodaku.com

Marketplace atau Toko Online ?

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Toko Online sama pentingnya dengan Marketplace. Saling bergantung satu sama lain. Misalnya, jika kita amati di situs marketplace, di bagian toko resmi (official store), beberapa brand terkenal juga memiliki toko online yang dikelola sendiri. 

Kelebihan dan kekurangan penjualan di marketplace diantaranya sebagai berikut:

KELEBIHAN

Mudah untuk memulai dan mudah dikelola

Infrastruktur sudah siap, Menghemat waktu, biaya, dan kompleksitas daripada harus membangun situs web dari awal.

Banyak pengunjung

Marketpalce telah menghabiskan banyak biaya untuk periklanan. Marketplace memiliki branding yang kuat. Oleh karena itu, pengunjung cenderung mengunjungi marketplace untuk mencari produk.

Tepercaya dan Kredibilitas

Marketplace adalah situs web yang terpercaya, karna investasi Marketplace di branding yang sudah kuat. Orang-orang merasa nyaman melakukan pembelian di marketplace.

 

KEKURANGAN 

Orang yang membeli produk Anda mungkin tidak pernah menyadari keberadaan Anda.

Pembeli di marketplace berasumsi mereka membeli dari marketplace tersebut. Pelanggan akan mengingat marketplace saat mereka membeli, bukan merek toko Anda.

Situs Marketplace pada umumnya ingin menaikkan nilai dari merek marketplace mereka. Karena itu, fokus utamanya adalah produk dan bukan brand penjual (merchant).

Persaingan yang ketat

Siapa yang bisa menjual dengan harga yang lebih rendah, dia akan menang.

Di platform marketplace, produk Anda mungkin tidak selalu menonjol. Tergantung kepada intensitas persaingan di kategori produk Anda, Anda mungkin tidak mendapatkan visibilitas atau penjualan mudah yang ingin Anda capai, apalagi bila harga produk Anda kurang kompetitif.

Biaya dan aturan sepihak

Marketplace memiliki berbagai biaya penjualan, biaya merchant, biaya daftar, biaya visibilitas (rangking di hasil pencarian) dan lainnya. Marketplace dapat merubah aturan-aturan yang kadang merugikan merchant.

 

Tidak Adanya Akuisisi Pelanggan

Ketika pembelian dilakukan di marketplace, semua informasi pelanggan ditangani oleh marketplace dan kurangnya informasi yang disampaikan kepada penjual. Anda melakukan penjualan, tetapi Anda tidak memiliki akses database pelanggan.

 

Kelebihan dan kekurangan penjualan di platform Toko Online diantaranya sebagai berikut:

KELEBIHAN

Kendali penuh atas merek Anda

Anda dapat menciptakan pengalaman berbelanja dengan merek Anda sendiri. Pelanggan akan mengingat merek Anda setelah mengunjungi toko Anda. Merek adalah entitas yang berharga untuk jangka panjang. Toko online yang sukses akan meningkatkan nilai merek dan bisnis Anda secara keseluruhan.

Akuisisi Pelanggan dan program marketing

Dengan took online, Anda dapat memiliki database pelanggan. Anda dapat membuat program marketing sesuai brand Anda. Menargetkan orang yang mengunjungi situs Anda dengan iklan di Facebook dan Instagram. Anda dapat membuat voucher, point reward, reseller dan fitur-fitur marketing yang tidak dimungkinkan di marketplace.

Manajemen Toko

Toko online dapat menyediakan lebih banyak fitur. Misalnya, manajemen stok dan pengiriman, laporan keuangan, program reseller, dan banyak fitur lainnya.

Database pelanggan

Anda mengelola sendiri sehingga database pelanggan pun sepenuhnya menjadi milik Anda dan dapat Anda gunakan sebagai target iklan Anda. Database pelanggan adalah aset bagi bisnis Anda. Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan menggunakan Email marketing, dan media sosial.

KEKURANGAN 

Pengaturan & pengoperasian dapat memakan waktu dan teknis

Ini berlaku untuk Open Source dan toko Online full custom, di mana admin toko harus menangani semua aspek teknis dari Server hingga pemeliharaan skrip web (bug, keamanan).

Dengan Tokodaku.com, Anda hanya perlu fokus di manajemen penjualan dan pemasaran. Semua aspek teknis dan fitur ditangani oleh kami.

Investasi Lebih Tinggi

Ini berlaku untuk Open Source dan toko Online full custom. Investasi awal yang tinggi, tergantung pada fitur & kompleksitas, ditambah biaya pemeliharaan untuk server dan skrip.

Dengan Tokodaku.com, investasi sangat rendah, dimulai dari Rp. 99,000/bulan, Anda sudah memiliki platform toko online dengan fitur yang modern.

Biaya Pemasaran 

Toko online perlu kampanye pemasaran untuk meningkatkan kunjungan toko. Anda perlu belajar digital marketing, bagaimana menperoleh pelanggan yang membayar, dan meningkatkan kepercayaan & kredibilitas. Biaya Pemasaran dapat berkisar dari rendah ke tinggi, tergantung pada metode pemasaran & anggaran.

Untuk produk konsumen misalnya pakaian, makanan, kebutuhan rumah tangga (Business to Customer B to C), Anda dapat menggunakan media social seperti Facebook dan Instagram. Untuk produk B to B, Google Ads disarankan.

 

Untuk membangun toko online, Anda mungkin memerlukan modal untuk membangun sistem dan platform. Misalnya, untuk membangun toko online premium berbasis Wordpress, mungkin diperlukan setidaknya Rp. 5 Juta aau lebih, ditambah biaya hosting, domain, dan pemeliharaan.

Jika Anda membangun dengan platform Wordpress, Anda mungkin akan mengalami kendala untuk memperluas sistem lebih lanjut jika Anda memiliki flow bisnis yang baru. Anda perlu menyewa pengembang khusus Wordpress yang membutuhkan biaya pengembangan tambahan.

Jika Anda membangun sistem Toko Online kustom Anda sendiri, akan memerlukan biaya awal yang tinggi, biasanya mulai dari Rp. 20 Juta ke atas untuk pembangunan awal. Biaya pengembangan akan lebih tinggi lagi untuk fitur kompleks.

Tokodaku.com memiliki biaya awal yang sangat rendah. Anda hanya perlu investasi bulanan, mulai dari Rp. 99.000, / bulan, dan Anda bisa mendapatkan toko online berdesain premium, dikemas dengan fitur bisnis yang memenuhi pasar Indonesia.

Setelah membaca perbandingan marketplace versus toko online, apakah Anda sudah mendapat gambaran yang terbaik untuk bisnis online Anda?

Jika Anda masih bingung, mungkin Anda ingin mencoba free trial di Tokodaku.com

Tokodaku.com menyediakan event uji coba gratis selama 30 hari, Anda dapat membuat toko online premium dengan desain yang sesuai dengan tema toko Anda. Selamat mencoba !