Post


Meraih Sukses Entrepreneurship

10 Sep 2019

Dari apa yang kita baca di berbagai media, sering kita lihat bahwa founder startup relatif terbilang muda. Namun survei-survei terakhir oleh berbagai lembaga di luar negeri menunjukan startup yang sukses rata-rata memiliki founder dengan usia sekitar 40 tahun. Sebagian besar di antaranya adalah ex-karyawan yang memang menginginkan untuk mencoba hal baru di dalam kehidupan mereka.

Walaupun entrepreneur memiliki keuntungan tersendiri, namun hal tersebut sekaligus memiliki tantangan tersendiri.  Bagi mereka yang ingin memulai jalan baru sebagai entreprenur berikut beberapa tips untuk menuju kesuksesan Anda.

Tips #1: Mulailah ketika Anda memiliki income tetap

Posisi sebagai karyawan masih memiliki keuntungan yaitu karyawan masih memiliki pendapatan yang relatif pasti dan tetap. Tidak perlu meninggalkan pekerjaan Anda. Mulailah dengan melakukan hal-hal yang kecil secara konsisten. 

Tips #2: Buat rencana bisnis Anda

Memang tidak semua orang terbiasa untuk membuat perencanaan bisnis yang lengkap. Namun hal ini sangat penting. Ambil waktu untuk memikirkan rencana terkait marketing hingga technology dan keuangan — lihat dimana ada gap atau kesempatan (opportunities).

Membuat perencanaan bisnis bukanlah hal yang bisa diselesaikan dalam semalam. Karena itu mulailah dari sekarang. Jangan ragu untuk meminta pendapat entrepreneur atau mentor yang telah sukses di bidangnya dan mungkin bisa membantu Anda.

Tips #3: Siapkan keuangan bisnis Anda

Satu hal penting yang membedakan antara bisnis yang sukses dan yang gagal adalah kesiapan keuangan sebaik mungkin.

Jangan buru-buru menghabiskan dana Anda untuk sesuatu yang “mewah” di masa awal Anda merintis bisnis. Jika Anda memilih untuk melakukan bisnis online atau membuat toko online, Anda dapat mencari alternatif pengeluaran yang terjangkau tanpa mengorbankan fitur dan kenyamanan. Saat ini banyak sekali penyedia toko online berbayar atau toko online instan yang canggih. Hal ini dapat Anda menfaatkan, baik untuk uji coba di awal bisnis, atau justru untuk ekspansi dari bisnis offline ke bisnis online.